Antisipasi Banjir, Kodim 0503/JB Gelar Apel Dan Latihan Kesiap-Siagaan Penanggulangan Bencana Alam
Cari Berita

Antisipasi Banjir, Kodim 0503/JB Gelar Apel Dan Latihan Kesiap-Siagaan Penanggulangan Bencana Alam

Tuesday, February 4, 2020


Portalindo.co.id, Jakarta - Kodim 0503/JB mengadakan apel gelar pasukan Dan latihan  kesiap siagaan penanggulangan bencana alam untuk antisipasi banjir yang melanda wilayah jakarta.

Apel Gelar Pasukan yang dilaksanakan dimakodim 0503/JB Jalan S.parman Grogol Petamburan  Jakarta Barat, Selasa (4/2) yang dipimpin oleh Kasdim 0503/JB Letkol Inf Barnard J. Hutauruk .

Dalam Kegiatan ini Turut Hadir Mayor Inf Y. Sancoyo Pabandya Komsos Sterdam Jaya, Danramil Kodim 0503/JB, Pasi Intel, Babinsa, perwakilan Polres Jakbar. BPBD Provinsi DKI Jakarta, Damkar, Satpol PP, Dishub, LH/PPSU, FKPPI dan Hipakad serta perwakilan Pramuka.

Dalam sambutan nya Letkol Inf Barnard J. Hutauruk mengatakan Bencana alam yang terjadi pada saat ini mungkin kita dapat lihat di media televisi sejak pergantian tahun 2019 ke tahun 2020 dengan adanya banjir.

Memasuki musim penghujan berpotensi terjadinya bencana alam sangat besar, untuk itu perlu adanya peran dan partisipasi semua pihak dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana.

Masih dalam sambutannya  Letkol Inf Barnard J. Hutauruk  menambahkan bahwa Apel gelar pasukan kesiap-siagaan bencana alam yang kita laksanakan ini selain bertujuan untuk memantapkan dan mensiap-siagakan dalam rangka membantu masyarakat dalam mengadapi kemungkinan terjadinya bencana alam di Wilayah DKI Jakarta.

Di akhir sambutannya dan arahannya  Kasdim menjelaskan tujuan Apel kesiap-siagaan Ini  berprinsip penanggulangan bencana sebagaimana amanat undang undang nomot 24 tahun 2007 yakni, prinsip penanggulangan bencana cepat, tepat, meminimalisir korban dan kehilangan harta benda, prioritas, utamakan penyelamatan manusia, kemudian harta benda, koordinasi dan keterpaduan antar instansi pemerintah dan masyarakat harus dilakukan secara terpadu dan saling mendukung penanggulangan bencana dilajukan oleh semua pihak bekerjasama dgn pemerintah, pemberdayaan semua individu atau masyarakat Tutup Kasdim.

Diketahui  peserta apel Ini  berjumlah 164 personil yang dibagi antaranya sebagai Koordinator latihan Kapten Inf Edi Saroso Plh. Pasi Ter Kodim 0503/JB, Kapten Arh  Riyadi Triananto Plh. Pasi Ops Kodim 0503/JB

Peserta apel dan Latihan dari Kodim 0503/JB berjumlah  59 Org yang dipimpin oleh Kapten Inf Arja. S Danramil  02/TB, Polres Jakbar : 10 personil Pimpinan Aiptu Sunardo, Kesehatan Kodim (Kesdim) 0503/JB  4 Orang Pimpinan dr. Yolanda, Damkar 9 Orang Pimpinan Abdul khoir, Satpol PP 20 Orang Pimpinan Sukaswadi dari BPBD Provinsi DKI Jakarta 10 Orang Pimpinan Rompis, Dishub 10 Orang  Sulaiman, LH/PPSU 22 Orang Pimpinan Edi, Pramuka 10 Orang Pimpian Inayah. FKPPI  5 Orang Pimpinan Jack, Hipakad 5 Orang Pimpinan Joko

Sedangkan untuk Alat peraga yang disediakan di lapangan untuk latihan berupa LCR 4 buah, Mobil Strada 4 Ran, Dayung 40 buah, pelampung 40 buah, Mesin LCR 4 buah, Ambulance 1 Ran, Oksigen, Obat-obatan.

Berikut ini kegiatan yang dilaksanakan peserta acara Apel gelar pasukan kesiap siagaan dimulai dari bunyi Alarm bencana. Kemudian kendaraan  masuk ke posisi titik berkumpul di Makodim 0503/JB
dan Regu 1, 2, 3 dan 4 mengambil  pelampung lalu Regu 1, 2, 3 dan 4 masing-masing menaikan LCR  ke atas kendaraan yang sudah stand by beserta dayung dan mesin LCR untuk berangkat menuju sasaran/ lokasi bencana.

Kemudian pasukan penanggulangan bencana berangkat menuju sasaran/ lokasi bencana dan setelah melaksanakan penanggulangan bencana kembali ke home base Makodim 0503/JB dan kembali melakukan Briefing Pimpinan. (amr)

Editor : Zull