Kodim 0505/JT Uji Keterampilan Renang Prajurit Pada Tes Kesegaran Jasmani Periodik II -->
Cari Berita

Pages

Faktual - Berimbang

Kodim 0505/JT Uji Keterampilan Renang Prajurit Pada Tes Kesegaran Jasmani Periodik II

Friday, December 6, 2019


Portalindo.co.id, Jakarta - Kodim 0505/Jakarta timur melaksanakan tes renang dasar periodik ke-II tahun 2019 di kolam renang HS Agung Duren sawit Jln. Raya Robusta Pondok kopi Duren sawit Jakarta timur, Jumat (06/12/2019).

Komandan latihan Mayor Inf Ahmad Yuono menyampaikan arahannya pada Kegiatan tes ketrampilan dasar renang yang juga merupakan rangkaian kegiatan Tes Kesegaran Jasmani (Garjas) Periodik ke-II yang dilaksanakan selama 3 (tiga) hari sampai dengan Jumat.

Tes ketrampilan renang ini menempuh jarak 50 meter dengan pengambilan waktu yang sudah ditentukan oleh Komandan latihan.

Sebelum pelaksanaan kegiatan renang terlebih dahulu dilaksanakan tensi bagi seluruh prajurit Kodim dan anggota yang tensinya memenuhi syarat normal melanjutkan senam peregangan dan pemanasan di area kolam renang.

Hal ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan selama dalam pelaksanaan tes uji ketrampilan dasar renang.

Sehingga diharapkan pelaksanaan tes dapat berjalan dengan aman dan lancar serta mencegah terjadinya kecelakaan pada saat latihan, ucap Danlat.

Perwira Seksi Personil (Pasipers) Kodim 0505/JT  Kapten Arh M. Sianturi, selaku koordinator latihan, menyampaikan bahwa uji ketrampilan renang dasar 50 meter ini yang dilaksanakan oleh 97 orang prajurit merupakan salah satu keterampilan dan ketangkasan yang harus dimiliki oleh seluruh prajurit.

"Kegiatan Garjas yang dilaksanakan 2 (dua) kali selama 1 (satu) tahun ini merupakan program dari pimpinan TNkI AD dalam membentuk dan membina setiap prajurit dengan tujuan agar tetap memiliki kemampuan dasar militer, sehingga setiap prajurit selalu siap setiap saat dalam menjalankan tugas Apkowil diwilayah Kodim 0505/Jakarta timur.

Lebih lanjut, Pasipers menegaskan bahwa sebagai Aparat Komando Kewilayahan (Apkowil), kemampuan renang dasar harus tetap dimiliki oleh setiap prajurit.

"Dengan demikian kemampuan jasmani setiap Apkowil akan selalu terbina sehingga prajurit Kodim 0505/Jakarta timur selalu siap dalam menjalankan tugas pembinaan teritorialnya diwilayah binaannya masing-masing, tegas Pasipers.


Sumber : @pendim jt.
Editor : Zull