Perluas Lahan Tanam Padi, Kadistan Tolitoli Apresiasi Kehadiran TNI -->
Cari Berita

Pages

Faktual - Berimbang

Perluas Lahan Tanam Padi, Kadistan Tolitoli Apresiasi Kehadiran TNI

Friday, November 29, 2019


Portalindo.co.id, Tolitoli - Dinas Pertanian dan Holtikultural Kabupaten Toli-Toli dan jajaran Mabes  TNI melakukan penanaman perdana padi mengkongga di lahan sawah cetak baru di Desa Gio, Kecamatan Tolitoli Utara, Kabupaten Tolitoli, Provinsi Sulawesi Utara, Kamis (28/11/2019).

Kadistan Tolitoli, Rustan Rewa mengatakan kegiatan penanaman padi bersama rombongan mabes TNI ini dalam rangka optimalisasi lahan sawah baru di Desa Gio dan Binontoan dengan luas 80 ha.

"Menanam padi dilahan ini perdana dilakukan ,karena lahan ini lahan baru atau sawah cetak baru dan kedepan akan terus dimanfaatkan buat masyarakat," ujarnya.

Penanaman padi dilahan seluas 80 ha tersebut belum bisa dilakukan secara keseluruhan. Hal itu kata Rustan disebabkan karena kondisi cuaca saat ini masih musim kemarau.

"Belum semuanya dapat tertanami akibat masih  musin kemarau," katanya, dalam keterangan tertulis yang diterima media ini, Jumat (29/11/2019).

Meski demikian lanjut Rustan , Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Tolitoli sudah memberi bantuan berupa pompa sehingga masyarakat dapat melaksanakan percepatan tanam di  area cetak Sawah baru.

"Ini upaya kami agar masyarakat bisa menanam padi meski musik kemarau Masih berlanjut," tandasnya.

Selain Itu Rustan berharap agar masyarakat dapat mempertahankan luas area baku lahan sawah baru tersebut.

"Harapan saya, semoga luas areal baku lahan sawah dapat di Pertahankan dan bila perlu di tingkatkan. karena masih banyak lahan yang menurut lp2B dapat di kembangkan," ujarnya.

Pada kesempatan itu juga Rustam mengapresiasi jajaran Mabes TNI yang telah banyak membantu Kabupaten Tolitoli sehingga dapat membuka lahan sawah baru.

"Terus terang kami sangat berterima kasih kepada TNI karena sudah membantu Kabupaten Tolitoli memperluas area sawah. Dan semoga yang dilakukan ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat," tuturnya. (*)


Editor : Zull