Gelar Rapat Koordinasi Demi Percepatan Pembangunan Dermaga Sisi Luar Breakwater Lantamal VI Makassar
Cari Berita

Gelar Rapat Koordinasi Demi Percepatan Pembangunan Dermaga Sisi Luar Breakwater Lantamal VI Makassar

Tuesday, November 5, 2019


Portalindo.co.id, Makassar -- Pangkalan Utama TNI AL VI (Danlantamal VI) Makassar Laksamana Pertama TNI Hanarko Djodi Pamungkas mendampingi Kepala Dinas Fasilitas Pangkalan TNI Angkatan Laut (Kadisfaslanal) Laksamana Pertama TNI Puguh Santoso, SE, M.M dalam memimpin rapat koordinasi tentang rencana percepatan pembangunan dermaga sisi luar breakwater Mako Lantamal VI Makassar , Senin (04/11/2019).

Rapat koordinasi yang digelar di ruang rapat Bontomarannu Lantamal VI tersebut , Danlantamal VI mengucapkan selamat datang kepada Bapak Laksamana Pertama TNI Puguh Santoso, S.E., MM.,.Kehadiran Bapak di Lantamal VI selaku pengambil kebijakan dan keputusan tingkat pusat bidang penyelenggaraan fungsi pembinaan fasilitas Pangkalan terkait dengan rencana pembangunan dermaga sisi luar breakwater Lantamal VI sebagai kompensasi dampak pembangunan Makassar New Port terhadap fungsi labuh KRI yang operasional di wilayah Makassar, ujar Danlantamal VI

Lebih lanjut dikatakan, Pembangunan dermaga sisi luar break water Lantamal VI adalah hasil keputusan rapat koordinasi pengembangan Makassar New Port yang dipimpin oleh Kemenko Maritim pada tanggal 13 Februari 2019.

Telah hadir di tengah- tengah rapat ini Kadisfaslanal dan Direktur Utama Pelindo IV atau yang mewakili sebagai pihak yang akan melaksanakan kesepakatan.

Semoga setelah pertemuan ini sudah ada kesepakatan yang diambil untuk mempercepat pembangunan dermaga sisi luar breakwater Lantamal VI Makassar, ujar Danlantamal VI.

Sementara itu Kadisfaslanal mengatakan rencana pembangunan dermaga 150 Meter bagian sisi luar breakwater Lantamal VI tersebut sesuai permintaan TNI AL, dermaga sepanjang 150 meter nantinya akan diperuntukkan untuk mewadahi kebutuhan sandar KRI jenis LPD (Landing Platform Dock) dan jenis freegat yang bisa angkut tank dan alat berat lainnyal.

Dermaga tersebut nantinya membutuhkan kontruksi jalan pendekat yang mampu mendukung kebutuhan operasional dua jenis KRI (LPD dan freegat) yang mampu dilalui tank jenis Leopard, ujar Kadisfaslanal saat mempimpin rapat koordinasi pihak TNI AL dengan pihak Pelindo IV Makassar tersebut.

Rapat koordinasi tersebut dihadiri Direktur Utama PT Pelindo IV Makassar yang diwakili Kepala Biro Perencanaan Strategis PT. Pelindo IV Makassar Bpk. Abdul Rahman SH, Para Asisten Danlantamal VI, Kolonel Laut (P) Agustinus Djoko Priyanto (mantan Asrena Danlantamal VI), Kafasharkan Makassar, para Kadis dan Kastker Lantamal VI, Kepala Otoritas Pelabuhan Utama Makassar atau yang mewakili, Ka Syahbandar Makassar serta unsur instansi terkait. (*)