Portalindo.co.id, Bandung --Penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) asal Papua (Mahasiswa Papua), bakal ditingkatkan oleh sejumlah Perguruan Tinggi di Jawa Barat.

Hal tersebut, dipaparkan dalam dalam diskusi yang dilakukan Forum Dialog Intelektual Jabar (FDIJ) di Kampus Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pasundan (Unpas), Kota Bandung, Sabtu (14/9).

Ketua FDIJ M Budiana mengatakan, panguatan tersebut dilakukan, agar para mahasiswa papua bisa memberikan manfaat dari ilmu yang didaptkannya untuk membangun  berbagai potensi yang ada di daerahnya.

"Hari ini di perguruan tinggi itu kebetulan banyak pola-pola, baik yang umum maupun nasional, yang bisa dilakukan untuk peningkatan SDM itu. Harapannya, itu bisa menjadi nilai tambah bagi mahasiswa Papua ketika kembali ke daerahnya," kata Budiana.

Selain Unpas, dalam diskusi yang mengusung tema "Bersama Membangun Papua" ini diikuti oleh beberapa perguruan tinggi negeri dan swasta lainnya, diantaranya Universitas Komputer (Unikom), Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani), Universitas Langlangbuana (Unla) dan Maranatha.

Sejumlah perguruan tinggi ini kata dia,  memiliki tanggung jawab mencetak mahasiswa untuk menjadi SDM yang unggul.

Sementara itu, Maskapai nasional Garuda Indonesia menggelar forum tatap muka antara Direksi Garuda Indonesia dengan pegawai udara dan darat dari Garuda Indonesia Group di Kantor Pusat Garuda Indonesia, Jakarta.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Ari Askhara mengatakan pentingnya memupuk semangat berprestasi dan beraktualisasi bagi generasi muda asal Papua yang tengah berkarir di lingkungan kerja Garuda Indonesia Group.

"Garuda Indonesia senantiasa memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada seluruh pegawainya untuk beraktualisasi dan mengembangkan karir tanpa memandang latar belakang ras, suku, budaya dari masing–masing pegawai," jelas Ari yang dikutip dari keterangan tertulis Jumat (13/9/2019).

(Red)