KOTA TANGERANG - "Ingin melihat festival yang berkelas dan juga karena ingin belajar,  Provinsi terjauh NKRI yaitu Papua Barat ikut jadi peserta festival Al Azhom". Hal tersebut disampaikan ketua panitia saat pembukaan Festival Al Azhom yang berlangsung di depan Masjid Raya Al Azhom,  Sabtu,  31 Agustus 2019.

Ketua penyelenggara,  Romi Abidin menjelaskan disela-sela kesibukannya,  bahwa Festival yang digadang selama 12 hari ini,  dimulai dari Tanggal 31 Agustus sampai 12 September 2019, tapi dengan target omzet yang sama dengan tahun yang lalu. 

"Untuk tahun ini waktunya lebih pendek dari tahun sebelumnya,  yaitu hanya 12 hari, rapi dengan target omzet yang sama yaitu 10 miliar," tegasnya. 

Kemudian jelas Romi, bahwa  Festival Al Azhom tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, Festival Al Azhom ke delapan yang mengusung tema 'Hijrah is Beautiful' dengan konsep ada beberapa yang bisa dikatakan baru. Yaitu program-program keumatan salah satunya adalah kita bakal ada launching bersedekah nontunai besok.

Festival ini juga melibatkan empat negara sahabat yaitu : Singapura,  Malaysia, Philiphin dan Kamboja serta 20 provinsi, salahsatunya adalah Provinsi Papua Barat. 
Selanjutnya dalam ajang ini juga Badan komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia Kota Tangerang (BKPRMI) akan memberikan BKPRMI Award. Yaitu penghargaan kepada enam tokoh yang peduli kepada perjalanan remaja masjid se Indonesia.
"Diantara tokoh yang mendapat penghargaan tersebut adalah Gubernur Banten dan Walikota Tangerang termasuk juga Gubernur Riau yang akan diberikan besok", jelasnya Romi. 

Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah secara resmi membuka Festival Al-Azhom ke-8 di Masjid Raya Al-Azhom, Kota Tangerang, Sabtu, 31 Agustus 2019.

Dalam sambutannya Arief mengatakan bahwa,  kegiatan tahunan yang digelar dalam rangka menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1441 Hijriyah ini mengangkat tema “Hijrah is Beautiful”.

Arief mengajak warga Kota Tangerang untuk datang ke festival yang diselenggarakan dari 31 Agustus hingga 12 September di Masjid Raya Al-Azhom ini.

Tahun baru Islam ini diharapkan Arif terus membawa warga untuk merubah kehidupan menjadi lebih baik lagi.

“Jadi, saya mengajak di tahun Hijriyah yang baru ini mudah-mudahan lebih baik dari tahun sebelumnya dan membawa kebaikan, keindahan yang membawa kebahagiaan dunia dan akhirat,” ucapnya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Tangerang Engkos Zarkasyi menambahkan, Festival Al-Azhom ke-VIII ini dimeriahkan berbagai perlombaan, dan penampilan religi.

Menariknya, ajang perlombaan MTQ diikuti oleh peserta internasional yang berasal dari Malaysia, Singapura, Kamboja, Philipina.

“Ya, MTQ antar bangsa melibatkan peserta internasional. Indonesia sendiri pesertanya hadir dari 20 provinsi,” katanya.

Engkos menuturkan, Wali Band juga akan hadir untuk menghibur pengunjung lewat lagu-lagu religinya. Selain itu, Arie Untung juga akan turut tampil dalam ‘meet and greet’ artis hijrah.

“Nanti akan ada ustaz Zaki Mirza yang mengisi tabligh akbar,” katanya.

Ia menerangkan, para pengunjung yang datang ke festival juga bisa berbelanja produk-produk ‘fashionable’ dan mencicipi aneka macam kuliner.

“Pesan kami bahwa festival ini bukan hanya sekadar festival, tapi lebih ke merubah diri sendiri untuk lebih baik lagi. Maka, saya mengajak warga untuk datang ke festival,” pungkasnya.

• Ida