Header Ads


Breaking News

Pembangunan Istana Papua Akan Segera Direalisasikan, Bappenas : Tidak Membebani Anggaran Negara


Portalindo.co.id, Jakarta -- Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyebut anggaran untuk pembangunan istana Papua masih akan dibahas lebih lanjut. Meskipun rencananya pembangunan bakal dilaksanakan pada pertengahan tahun depan.

Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu Askolani mengatakan, anggaran akan dikoordinasikan di internal pemerintah. Termasuk skema pembiayaan untuk pembangunan istana kepresidenan di wilayah Indonesia timur tersebut.

"Nanti hal itu akan dikoordinasikan dulu di internal pemerintah. Nanti kalau sudah siap akan disampaikan kemudian," kata dia di Jakarta, Jumat, 13 September 2019.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengaku bakal meninjau lokasi istana Papua pada akhir bulan ini. Sedangkan sayembara untuk desain arsitektur Istana Kepresidenan Papua akan berlangsung Oktober 2019.

Setelah menentukan basis desain dan melakukan sayembara, pembangunan istana di ujung timur Papua itu pun baru akan dilakukan pada pertengahan 2020.

"Kalau mau desain dulu paling nanti pertengahan 2020 tender dulu kan. Ya kira-kira itu," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan pembangunan Istana Papua tidak akan memakan dana yang besar. Sebab pemerintah sudah mendapatkan hibah lahan seluas 10 hektare dari warga Papua. Dengan demikian anggaran pembangunan bisa ditekan.

"Kan cuma bikin istana, tapi detailnya saya tidak tahu. Kalau bangun istana nanti ya dibangun tak masalah," ungkap Bambang.

(amr/red)

Tidak ada komentar