Header Ads


Breaking News

Komisi PRK MUI, Gelar Seminar Smart Family


Kota Tangerang - "Kunci dari keluarga ideal adalah dari diri sendiri" hal tersebut terungkap saat seminar sehari yang digelar oleh Komisi Peremuan, Remaja dan Keluarga Majelis Ulama Indonesia Kota Tangerang,  dengan mengusung tema "Smart Family Menuju keluarga ideal" dilaksanakan di Lt 2 Gedung MUI Kota Tangerang,  Sabtu7 September 2019. 

Ketua Majelis Ulama Kota Tangerang,  KH Edi Junaedi Nawawi, dalam arahannya menyampaikan bahwa untuk mencapai keluarga yang ideal dan keluarga cerdas adalah kekuarga yang bisa bekerja sama antara suami,  istri dan anak serta anggota kelurga yang lain dan masing-masing punya porsi dalam keluarga yang senantiasa menanamkan nilai-nilai keislaman.hingga tercipta keluarga Sakinah, Mawadah,  Warahmah. 

Ketua IV Majelis Ulama Indonesia Kota Tangerang,  Hj Jundah Ibrahim MA, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Komisi perempuan, remaja dan keluarga leading sektornya ada di ketua IV. Dimana Ketua IV menaungi dua Komisi yaitu Kimisi Perempuan, remaja dan keluarga dan Komisi Pemberdayaan ekonomi Umat  serta satu program unggulan MUI Kota Tangerang yaitu program Pendidikan Kader Ulama (PKU).

Dra Hj Umi Musyaroffah MA, dosen UIN di Fakultas Dakwah dalam paparanya menyampaikan bahwa keluarga Ideal ada ayah,  ibu dan anak dan didalan keluarga ada kerja sama antara suami, istri dan anak serta anggita kekuarga yang lain dan masing-masing punya porsi dan harus bisa kerja sama.
Seperti mengenai pengasuhan anak. 

Selanjutnya berdasarkan hasil rekapitulasi data dari 29 Pengadilan Tinggi Agama di Indonesia pada Tahun 2017 Faktor penyebab perceraian adalah karena percekcokan, Zina, Madar, Judi,  meninggalkan salahsatu pihak, di hukum penjara, Poligami, Kekerasan Dalama Rumah Tangga (KDRT),  Cacat badan,  Perselisihan dan pertengkaran terus menerus,  kawin paksa,  Murtad,  Ekonomi,  dan lain lain
"Mungkin Ini terjadi karena faktor nikah muda, juga Feeling dan Respon (perasaan dan Respon)," jelasnya. 

Menurutnya,  posisi ibu dalam islam adalah Islam melalui rasulnya selalu memperhatikan kedudukan wanita khususnya seorang ibu, Rasulullah bahkan mengkhususkan nasehat bagi wanita saat khutbah wada'

Selanjutnya menjadi Ibu merupakan tugas mulia karena seorang ibu merupakan pendidik pertama yang akan membimbing dan mengusahakan perubahan bagi keluarganya 

"Untuk itu Kenapa ibu harus Cerdas,  karena : Keteladanan ibu berdampak besar terhadap tumbuh kembang anak
 Juga kualitas generasi tunas ditentukan oleh pola asuh para ibu, serta jumlah wanita lebih banyak dari jumlah laki-laki," urainya. 

"Ibu bagaikan madrasah yang jika kamu menyiapkannya, maka kamu sudah menyiapakan lahirnya masyarakat yang berbudi luhur," pungkasnya. 

Hal senada disampaikan narasumber Ade Rina Farida MSi, yang juga Dosen UIN Ciputat Jakarta. Dalam paparannya yang berjudul "Parenting Smart Family Menjadi Keluarga Ideal" bahwa seminar parenting.  Parent itu artinya orang tua, bagaimana menjadi ayah dan ibu yg baik.
  
Menurutnya ibu memiliki peran besar dalam membentuk watak karakter dan pengetahuan seseorang, kecerdasan keuletan dan perangai sang ibu adalah faktor dominana bagi masa depan anak. 
Karena ibu adalah orang terdekat pertama  bagi anak dan sekolah pertama anak.

Kemudian anak sholeh/sholehah menjadi infestasi bagi orangtua kelak di akhirat nanti. 

Selanjutnya hal terpenting dalam mendidik anak adalah dengan tauhid,  senantiasa bersyukur,  Muroqobatullah,  mendirikan sholat,  melakukan amar ma'ruf nahi munkar,  tawadlu,  Akhlakul karimah. 

Kemudian agar menjadi smart mother :adalah selalu berupaya semaksimal mungkin melakukan yang terbaik untuk keluarga. Selalu punya energi  untuk terus menyediakan hati kita untuk orang tetkasih. Selalu punya energi. Membuat suasana rumah nyaman dan bahagia

Kemudian kata Ade,  tip untuk menjadi Smart Mother adalag dengan membuat perencanaan skala pruoritas, kemudian
Membuat reminder yaitu dengan menulis hal-hal penting di agenda, selanjutnya 
Menjalin komunikasi yang baik dengan kekuarga, yaitu dengan meluangkan waktu khusus untuk keluarga, membagi tugas kantor  dan tugas rumah tangga dan meluangkan waktu untuk diri sendiri

Terakhir menurut Ade, bahwa ciri-ciri keluarga ideal adalah selalu menjunjung tinggi,  saling pengertian dan saling ridho,
Almu'asyarah bil Ma'ruf serta menjaga hak dan kewajiban harus imbang.

Seminar Parenting dibuka oleh Ketua MUI Kota Tangerang,  dan dihadiri sekitar 100 peserta dari berbagai elemen masyarakat. 

Ida

Tidak ada komentar