PORTALINDO.CO.ID, Bulukumba- Bidang Rehabilitasi Sosial di kemensos mempunyai tugas membantu Kepala Dinas dalam menyelenggarakan sebagian urusan Pemerintahan di bidang rehabilitasi, yang meliputi kegiatan rehabilitasi dan penyantunan penyandang masalah-masalah sosial, penyandang disabilitas, pembinaan dan pengawasan panti dan lembaga-lembaga Sosial lainnya.

Terkait dengan tugas yang berkaitan dengan rehabilitasi sosial, teman - teman media menemui Kabid. Rehablitasi Sosial Bulukumba H.A.S Pattikai di ruangannya, Kamis (19/09/2019)

Menurutnya, tugas yang di embannya adalah amanah yang harus di pertanggung jawabkan di kemudian hari sehingga apa yang menjadi tanggung jawabnya sekarang di lakukannya dengan penuh tanggung jawab dan ke ikhlasan

Dan apabila ada warga yang memerlukan bantuan dirinya mempunyai cara tersendiri dalam memperoleh donasi

"Apabila ada masyarakat yang urgent memerlukan bantuan saya menggunakan postingan lewat sosmed untuk mengetuk hati para dermawan sehingga saya tidak terlalu mengandalkan dana dari pemerintah yang jumlahnya terbatas tetapi donasi dari para dermawan itu sangat membantu," ungkapnya.

Kalau bantuan itu sudah ada maka pihaknya memberikannya ke kelompok komunitas yang sudah terbentuk di bawah yang sudah menjadi mitra Dinas sosial.

Komunitas inilah yang membagikannya langsung ke yang bersangkutan dan kegiatan ini rutin di lakukan setiap bulannya

Dengan postingan - postingan itu saya juga dapat melihat bagaimana  respon masyarakat di beberapa tempat seperti di Salassae begitu saya posting warga yang tinggal di pinggir sungai dengan dua orang anak dengan dinding rumah dari sarung, alhamdulillh tanpa memerlukan waktu lama masyarakat pemerhati sosial membangunkannya rumah yang layak huni.

Terkadang memang ada kendala  lanjut usia terlantar yang kadang tidak tersentuh bantuan pemerintah karena kesalahan dokument kependudukan dan bahkan ada lanjut usia yang tidak mempunyai dokument kependudukan olehnya itu dirinya telah menginformasikan kepada para kepala desa apabila ada lanjut usia terlantar yang tidak memiliki data kependudukan agar segera koordinasi kepada pihaknya agar dia bisa menguruskannya secara khusus ke dinas terkait

Dirinya mengatakan orang dinas sosial memang kerjanya harus banyak di lapangan tidak boleh terlalu banyak duduk di belakang meja sehingga apa yang menjadi permasalahan di bawah dapat segera termonitor.

Saat ini dirinya sangat berharap agar semua lini yang berkaitan dengan kegiatan sosial harus bergerak bersama.

Dan sampai saat ini pihak Kapolsek selalu aktif memberikan bantuan

Sekarang dia mencoba membentuk suatu wadah yang di namakannya Gerakan Peduli Lanjut Usia Terlantar, dimana setiap instansi mulai dari tingkat bawah sampai ke atas dapat kiranya berperan aktif dengan mengambil orang lanjut usia terlantar dapat menjadikannya sebagai orang tua angkat.

Apa yang saya gagaskan ini perlu adanya suatu komitment sehingga harapan saya semoga semua stack holder baik pihak pemerintah maupun swasta yang punya rasa kepedulian terhadap sesama dapat mendukung kegiatan ini nantinya, tutupnya. (Syam)