Portalindo.co.id, Bandar Lampung -- Dengan berakhirnya Latihan Antar Kecabangan (Ancab) TNI AD Kartika Yudha 2019 yang baru saja dilaksanakan di Puslatpur, Baturaja dengan puncak kegiatannya dilaksanakan pada tanggal 19 Agustus 2019 maka Satuan Tugas Teritorial dari Pusat Teritorial TNI AD bekerjasama dengan Komando Kewilayahan setempat mengadakan Bhakti sosial dan pameran alutsista. (Selasa, 20/8/2019)

Dankodiklatad, Letjen TNI AM. Putranto, S.Sos selaku Komandan Latihan Kartika Yudha 2019 mengatakan bahwa  kegiatan Bhakti Sosial ini merupakan perwujudan rasa terimakasih atas dukungan masyarakat di sekitar daerah latihan dan rute perjalanan yang dilewati oleh pasukan TNI AD dalam rangka Latihan Ancab Kartika Yudha 2019. Selanjutnya beliau juga menyampaikan bahwa untuk memperkokoh kemanunggalan TNI dengan rakyat maka digelar pula pameran berbagai alutsista yang dipakai dalam latihan. “Hal ini menunjukkan adanya kedekatan TNI dengan masyarakat, serta menumbuhkan rasa kebanggaan dan cinta tanah air khususnya bagi para pemuda dan pelajar”, tuturnya.

Komandan Korem 043/Garuda Hitam Kolonel Inf Taufiq Hanafi, bersama unsur Forkopimda Provinsi Lampung, menghadiri pembukaan pameran Alutsista TNI AD yang diselenggarakan oleh Kodim 0410/KBL, yang bertempat di lapangan Saburai Enggal, Kota Bandar Lampung.

Dalam sambutannya Walikota Bandar Lampung, Herman H.N mengucapkan terima kasih kepada pasukan TNI AD yang melaksanakan Lat Ancab Kartika Yudha 2019 yang bersedia singgah dan menyapa warga Bandarlampung, “ Sukses selalu untuk TNI dan terus jaya dalam menjaga kesatuan dan persatuan negara kita” ujar beliau.

Kedua kepala daerah yakni Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Walikota Bandar Lampung Herman H.N kompak naik Tank Leopard milik Kavaleri TNI AD berkeliling kota Bandar Lampung dengan didampingi oleh Kapolda Lampung Irjen Pol Purwadi Arianto, Danrem 043/Gatam Kol. Inf. Taufiq Hanafi, Danlanal Kolonel Laut Albertus Agung Priyo S dan masyarakat setempat.

Pameran Alutsista ini juga digelar di komplek Tugu Pepadun, Gunung Sugih, Kabupaten Lampung Tengah. Pameran dibuka oleh Bupati Lampung Tengah Loeman Djoyosoemarto, S.Sos, M.M dan dilanjutkan dengan pengenalan alutsista oleh Dandim 0411/Lampung Tengah, Letkol Czi Burhannudin, S.E, M.Si.

Tercatat ada beberapa alutsista yang digelar dalam pameran tersebut, yakni 2 unit Transporter, 2 unit Tank Leopard 2 RI dari Yonkav 1/BCC,  2 unit Ran Astros, 2 Meriam 76 mm, 2 Ran Caesar dari Yonarmed 10/Roket Brajamusti 2/1 Kostrad, 1 Unit Atlas,  1 Unit MPCV dari Yonarhanud 1/Kostrad.

Hadir dalam pameran alutsista ini yaitu Kajari Lampung Tengah Edi Dikdaya, Kapolres Lamteng AKBP Slamet Wahyudi, serta unsur Forkopimda hingga Forkopimcam Gunung Sugih, siswa TK, SD, SMP dan SMA serta warga sekitar.

Adapun kegiatan Bhakti Sosial diadakan di sekitar wilayah Kodim 0403/OKU, sebagai wilayah yang berada di sekitar tempat daerah latihan Kartika Yudha 2019 yang dipusatkan di Bukit Napo Martapura. Mulai dari melaksanakan pembersihan dan rehabilitasi kamar mandi masjid Al Mutaqin, penghijauan dan perbaikan jalan sepanjang 500 m, serta pembersihan taman dan pemakaman umum. Selain itu juga diselenggarakan sunatan massal sebanyak 74 anak, pengobatan gratis  dan pelaksanaan pelayanan program KB Kesehatan Masyarakat. (Penerangan Kodiklatad/Red)