Portalindo.co.id, Ambon -- Dalam rangka Asistensi Pengawasan Pendidikan (Aswasdik) dan mensosialisasikan peran dan fungsi Kodiklatad sebagai lembaga pembina doktrin, pendidikan dan latihan di Angkatan Darat,    Komandan Kodiklat TNI AD (Kodiklatad), Letnan Jenderal TNI AM. Putranto S.Sos melakukan kunjungan kerja ke wilayah Kodam XVI/Pattimura didampingi  Dirdik Kodiklatad, Dirum Kodiklatad dan Pabanopsdik. Selasa (27/08/2019)

Tiba di Bandara Internasional Pattimura Maluku, Dankodiklatad disambut oleh Pangdam XVI/Ptm Mayjen TNI Marga Taufiq, Forkopimda Maluku, dan Kasdam XVI/Ptm Brigjen TNI Asep Setia Gunawan. Sebelum  menuju Makodam XVI/Ptm, Dankodiklatad beserta rombongan menyempatkan diri meninjau Benteng Victoria yang berada di Denkav 5/BLC.

Pada Kunjungan kehormatan (Courtesy Call) ini Dankodiklatad dan Pangdam saling memberikan Cinderamata. Selanjutnya Dankodiklatad bertolak ke Rindam XVI/Pattimura. Pada kesempatan ini, Dankodiklatad menerima paparan laporan satuan dari Wadanrindam XVI/Pattimura. Pada kunjungannya Dankodiklatad memberikan pengarahan kepada seluruh organik Rindam XVI/Pattimura beserta para PNS TNI-AD yang dilaksanakan di Shelter Helly Rindam XVI/Pattimura. Dalam kesempatan ini juga beliau membagikan kaos kepada seluruh personel Rindam dan disambut gembira seluruh organik militer beserta PNS jajaran Rindam XVI/PTM.

Pada pengarahannya, Dankodiklatad mengucapkan terima kasih kepada seluruh organik Rindam XVI/Pattimura karena telah memberikan pengabdian yang luar biasa, sehingga bisa mendukung tugas pokok TNI AD sebagai salah satu Lembaga Pendidikan di wilayah Kodam XVI/Pattimura. Dankodiklatad juga berpesan dan mengajak anggota Rindam XVI/Pattimura agar meningkatkan kemampuan dan pengetahuan yang berkaitan dengan sistem  pengajaran secara profesional dan modern agar pendidikan di TNI AD semakin maju dan berkembang.

Pada hari Rabu (28/08/2019), Dankodiklatad menyempatkan untuk mengunjungi warga Labuha, Maluku Utara yang sempat dilanda gempa bumi beberapa waktu yang lalu. Beliau dan rombongan disambut Bupati Halmahera Selatan, Bahrain Kasuba S.Pd, M.Pd. , diawali dengan adat Kesultanan Bacan yakni Batijak Akan Lecak, yang artinya injak tanah.  Ritual ini dilakukan bagi pejabat tinggi yang baru berkunjung di wilayah Kesultanan Bacan. Selesai melakukan ritual Batijak Akang Lecak, Dankodiklatad di sambut dengan tarian tradisional soya-soya.

Selanjutnya Dankodiklatad beserta rombongan diantaranya Pangdam XVI/Pattimura dan Direksi PT. Harita Group yang diwakili oleh Liem Gunawan, meninggalkan Bandara Oesman Sadik dan menuju ke tempat acara untuk bertemu dengan Forkompimda Kabupaten Halmahera Selatan di Taman Kota Labuha.  Dalam kesempatan ini beliau memberikan bantuan langsung kepada masyarakat Labuha yang diwakili oleh Bupati Halmahera Selatan berupa sembako senilai  seratus juta rupiah. (Penerangan Kodiklatad/Red)