Portalindo.co.id, Jakarta Barat --Bertempat di Komplek IKTK, RT. 013/04, Kelurahan Kebon Jeruk, Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Pukul 08.00 - 12.00 WIB, Rabu, 24 Juli 2019, TNI (Koramil 05/KJ Kodim 0503/JB), Pemerintah dan BKKBN bekerjasama melaksanakan Kegiatan TMKK.


Pencanangan Penggalangan TNI Manunggal KB Kesehatan Tingkat Kecamatan Kebon Jeruk tahun 2019 ini bertemakan "Melalui Kegiatan KB Kesehatan, kita wujudkan  Sinergitas antara TNI, Pemerintah dan BKKBN dalam usaha meningkatkan keikutsertaan masyarakat guna membentuk keluarga yang berkualitas sehat dan sejahtera"


Danramil 05/KJ, Kapten Inf J Edi Suroso dalam Sambutannya menyampaikan, Bakti sosial TMKK merupakan agenda tahunan TNI bersama BKKBN dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat melalui pemberdayaan dan pembinaan kesehatan dan program TNI manunggal KB Kesehatan (TMKK) yang bertujuan untuk terlaksananya percepatan pembangunan dan KB. Supaya seluruh lapisan masyarakat dari kota sampai ke pelosok desa merasakan dan mendapatkan penyuluhan maupun pelayanan kesehatan terutama dibidang KB dan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat sebagai basis Ketahanan Nasional.



"Sasaran program TMKK adalah keluarga berencana dan keluarga reproduksi, kesehatan reproduksi remaja (KRR), pemberdayaan dan ketahanan keluarga, immunusasi lingkungan, kesehatan ibu dan anak (KIA) dan komunikasi, informasi, edukatif (KIE)",Pungkas Kapten Edi Suroso.


Hadir dalam giat TMKK tersebut, Kabag Kesra Walikota Jakarta Barat, H. Mas'ud, Camat Kebon Jeruk, H. Saumun, S.Sos, Danramil 05/KJ Kapten Inf J Edi Suroso, dan para Danramil lainnya Jajaran Kodim 0503/JB, Subgar 0503/JB, para Lurah Se- Kecamatan Kebon Jeruk, Wakapolsek Kebon Jeruk AKP Adam, Ketua Persit Koramil 05/KJ beserta para pengurus, Ketua Penggerak PKK Kecamatan Kebon Jeruk beserta pengurusnya, Ketua RW Se Kelurahan Kebon Jeruk, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama, Anggota peserta KB Kesehatan serta Masyarakat berjumlah kurang 250 orang.


Adapun kegiatan yang dilaksanakan pada TMKK antara lain : Pemeriksaan Kesehatan dan pengobatan umum sebanyak 100 orang, Pelayanan KB sebanyak 100 orang, Pemberian bantuan Kursi roda dan tongkat, Bazar murah dari masing-masing Kelurahan dan Persit, Pemberian bibit tanaman produktif dan pohon pelindung, Pemberian Akte kelahiran gratis dan Pemberian bibit ikan Nila, serta Pembagian Sembako Gratis sebanyak 200 paket


Sesuai pencapaian peserta KB aktif sampai dengan bulan juni 2019, berjumlah Pasangan Usia Subur sebanyak 97.038 Akseptor. Sedangkan jumlah peserta KB aktif sebanyak  59.309 atau 61,12%. Dan Akseptor baru dengan Target sebanyak 620 Akseptor dan Terrealisasi sebanyak 486 Akseptor atau 77,14%.


Kegiatan yang berlangsung pukul 08.00 WIB dan sampai pukul 12.00 WIB ini berjalan dengan lancar, aman dan kondusif.

(amr)