Jakarta - Pembinaan saka wira kartika dari wilaya Kodim 0505/Jakarta timur yang di ikuti oleh 46 (empat puluh enam ) orang yang terdiri dari 28 (dua puluh delapan) orang putra dan 8 (delapan) orang putri yang dibuka oleh Kasdim 0505/Jakarta timur bertempat di Sanggar Saka Wira Kartika Bumi perkemahan Cibubur (Buperta), Sabtu (29/06/2019).

Penanggung jawab latihan Dandim 0505/Jakarta timur Letkol Inf Dwi Yanu Lutfi Saleh SE mengatakan , Kegiatan pembukaan pembinaan Saka wira kartika Kodim 0505/Jakarta timur dilatih oleh para pembina diantaranya , Mayor Inf Ahmad Yuono , Kapten Kav Elba Gloriano , Kapten Inf Sayidan , Kapten Inf Sahari , Kapten Inf Isgiyanto , Kapten Inf M. Sianturi ,bapak Supardjo dari Kwarda , team kesehatan Dpp Lettu Ckm Nurul Mauluda dan pembantu pelatih anggota Kodim 0505/Jakarta timur.

Kordinator lapangan sebagai Komandan latihan (Danlat) Danramil 02/Matraman Mayor Inf Ahmad Yuono menyampaikan arahannya kepada para peserta Saka wira kartika tentang pengertian Saka Wira Kartika adalah wadah Kegiatan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk meningkatkan kesadaran bela negara melalui pengetahuan dan keterampilan di bidang matra darat sebagai patriot bangsa yang setia, berbakti dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa dan tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Saka Wira kartika memiliki 5 (lima) krida yang masing-masing memiliki Tingkat kemampuan yang mengacu pada pengetahuan dan keterampilan matra darat antara lain :


1. Krida Navigasi Darat (Navrat), tingkat Pengetahuan Tentang Peta dan Medan
Tingkat kemampuan Jalan Kompas Siang/Malam, tingkat Reseksi dan Interseksi , tingkat Pengetahuan Global Position System (GPS)


2. Krida Pionerring
Tingkat kemampuan Krida Tali Temali ,
Tingkat kemampuan Krida Jembatan Darurat/Improvisasi, tingkat Prasarana Perkemahan ,
Tingkat Titik Bekal Air dan Listrik.


3. Krida Mountainerring
Tingkat kemampuan Panjat Tebing ,  Turun Tebing dan  Travesing.


4. Krida Survival
Tingkat kemampuan Jenis Tanaman Hutan ,
Jenis-jenis Binatang ,
 Hutan, Gunung, dan Ralasuntai.


5. Krida Penanggulangan Bencana tingkat kemampuan Manajemen Penanggulangan Bencana ,perjalanan dan Penanganan Pertama Gawat Darurat (PPGD),
Pengetahuan Komunikasi Radio dan Cara Memasak dapur lapangan.

Kegiatan yang dilaksanakan selama 2  (hari) ini bertujuan agar para peserta pembinaan Saka wira kartika dapat memahami serta menumbuhkan rasa cinta tanah air yang mendalam kepada bangsa Indonesia, tegas Mayor Inf Ahmad Yuono @pendim jt.