Header Ads


Breaking News

Dandim 0808/Blitar Hadiri Tradisi Grebek Pancasila & Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila


Portalindo.co.id, Blitar –Dandim 0808/Blitar Letkol Inf Kris Bianto, SE menghadiri acara Tradisi Grebek Pancasila dalam rangka memperingati Hari Lahirnya Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni 2019 yang di gelar oleh pemerintah Kota Blitar, jum'at (31/05/2019).

Kegiatan ini diawali dengan upacara di Alun-alun Kota Blitar yang kemudian dilanjutkan dengan iring-iringan Garuda Pancasila.

Selain Garuda Pancasila, tampak lima gunungan hasil bumi sebagai perwujudan lima sila yang dikawal oleh pasukan 8-45 menuju ke Makam Presiden Pertama Ir. Soekarno dan diikuti oleh seluruh jajaran Forpimda Kota Blitar selanjutnya dilaksanakan Kenduri Pancasila.

Plt. Walikota Blitar Drs Santoso, M.pd mengatakan “Tadi sore sudah diawali ritual Bedol Pusaka dari rumah Dinas Walikota ke Kantor Walikota Blitar.

Grebek Pancasila dimaknai sebagai peringatan hari lahir Pancasila serta salah satu rasa syukur atas peran serta dan prestasi semua masyarakat yang ada di seluruh Blitar.

“Acara ini nantinya juga akan dilanjutkan dengan dilaksanakan Kenduri bersama di MBK bersama masyarakat Kota Blitar sebagai bentuk rasa syukur karena Kota Blitar agar diberikan Aman, Sejahtera, Damai.” Kata Plt. Walikota Blitar.

Sementara itu Dandim 0808/Blitar Letkol Inf Kris Bianto, SE saat di mintai keterangan juga mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian tradisi kegiatan dalam rangka memperingati hari lahirnya Pancasila yang di selenggarakan oleh pemerintah Kota Blitar.

“Setelah upacara ini nantinya akan di gelar arak-arakan sampai di Makam Bung Karno dan dilanjutkan dengan tumpengan dan Kenduri bersama masyarakat Kota Blitar.

Lanjut Dandim 0808/Blitar menambahkan acara ini merupakan momentum bersejarah dimana grebeg Pancasila sebagai acara untuk penghormatan kepada Pancasila sebagai lambang Negara.

Pancasila juga telah terbukti dan teruji mampu mempersatukan bangsa Indonesia yang berbeda-beda Suku, budaya dan agama "Tutur Dandim 0808/Blitar (Red).

Tidak ada komentar