Header Ads


Breaking News

Menjaga Dan Mempertahankan Negara Bukan Hanya TNI dan POLRI, Tapi Seluruh Rakyat Indonesia Termasuk Insan Pers

           Pemred Portalindo.co.id Amran Muktar

Oleh : Amran Muktar

Portalindo.co.id, 11 April 2019 --Perkembangan teknologi dan informasi di era sekarang ini memberikan pengaruh besar kepada kehidupan berbangsa dan bernegara, perubahan teknologi dan informasi tersebut sangat mempengaruhi bidang-bidang kehidupan berbangsa dan bernegara seperti : Ideology, Ekonomi, Politik, Social, Budaya, Pertahanan dan Keamanan Negara. Perkembangan dunia teknologi dan informasi dapat berdampak positif salah satunya adalah untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat, akan tetapi kita juga perlu hati - hati dikarenakan tanpa disadari dengan adanya perkembangan teknologi informasi tersebut suka tidak suka mau tidak mau juga dapat berdampak negatif dalam kehidupan berbangsa dan bernegara salah satunya di bidang Media massa, yakni munculnya pemberitaan - pemberitaan yang bersifat menyesatkan / Hoax yang dapat sangat cepat tersebar sehingga dapat dengan mudah mempengaruhi pola pikir masyarakat, seperti unsur pemberitaan yang bersifat adu domba dengan menggunakan isu SARA yang dapat dengan muda menyebabkan masyarakat tersulut emosi sehingga rentan perpecahan / disintegrasi Bangsa.

Oleh sebab itu dalam rangka membela, menjaga, mempertahankan Negara bukan hanya tugas dan tanggung jawab TNI  dan POLRI saja, melainkan merupakan tugas dan tanggung jawab seluruh rakyat Indonesia termasuk insan pers dan Jurnalistik. Dengan kata lain keyakinan dan sikap yang tegas, konsisten, dan tanpa pamrih dalam membela dan mempertahankan Bangsa dan Negara yang secara tradisi ditanamkan dalam diri TNI juga harus dimiliki oleh setiap insan Pers dan Jurnalistik didalam menjalankan tugasnya sehari - hari. Keyakinan dan sikap militansi ini seharusnya terpelihara meskipun berada dalam kondisi dunia yang berubah dengan cepat. Keyakinan dan sikap militant tidak dapat dipelihara tanpa peningkatan kecerdasan dalam menghadapi lingkungan dunia yang berubah. Militansi tanpa kecerdasan akan menjelma menjadi tindakan membabibuta, dan sebaliknya kecerdasan tanpa keyakinan dan sikap militansi akan rapuh dan mudah terombang ambing oleh kepentingan global atau asing.

Sadar Bela Negara bagi insan pers sangat penting, sehingga diharapkan kedepan akan terbentuk kekuatan media bela Negara yang bersifat strategis guna menangkal segala macam ancaman, gangguan dan hambatan yang dapat menggangu kehidupan berbangsa dan bernegara.


*Pemimpin Redakdi Media Portalindo.co.id
  Amran Muktar*
  Redaksi : Jl. Raya Kebayoran Lama No.6, Lti. 2
  Kel. Sukabumi Selatan, Kec. Kebun Jeruk, Jakbar
  Telp : 021 - 53650268.
  Call, 081288771245, WA, 082214142245

Tidak ada komentar