Portalindo.co.id, Bandung--Bertempat di Ruang Ganesha Makodiklatad, pengurus Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pengprov Jabar dan Indonesia Off-Road Federation (IOF)  Pengprov Jabar mengadakan presentasi kepada Dankodiklatad, Letjen TNI AM. Putranto, S.Sos yang menjabat sebagai Ketua Dewan Pembina PP IOF periode 2018 – 2022, pada hari Senin (22/4). Presentasi ini merupakan sebuah upaya tindak lanjut guna mengembangkan komunitas otomotif dibawah IMI Pengprov Jabar dan IOF Pengprov Jabar dengan membangun sirkuit berskala nasional yang dapat digunakan bersama (multi fungsi).

Dalam kesempatan yang baik ini, Dankodiklatad mengatakan bahwa sudah saatnya masyarakat Jawa Barat khususnya daerah kota Cimahi memiliki sirkuit yang dapat digunakan baik untuk perlombaan maupun untuk wisata. Beliau juga menekankan agar dengan adanya sirkuit ini maka dapat menyatukan berbagai komunitas pecinta otomotif dan offroader, sekaligus meningkatkan ekonomi daerah dengan pemberdayaan masyarakat setempat.

Fredi Rostiawan selaku Kabid Olahraga Mobil IMI Pengprov Jabar menyatakan bahwa  pihak PD Kebersihan Kota Cimahi dan Kota Bandung selaku pemilik lahan menyambut baik dan juga siap untuk bekerjasama dengan IMI Pengprov Jabar. Selanjutnya Fredi menjelaskan bahwa status lahan dipinjamkan selama 15 tahun ke depan, direncanakan sampai bulan Juli nanti akan disiapkan baik nota kesepahaman dengan pemda, land clearing sampai tahap persiapan pembangunan sirkuit.

Pada kesempatan yang sama Heri Suren selaku Ketua IOF Pengprov Jabar sangat setuju dengan dengan adanya ide ini dan mengungkapkan bahwa adanya pembangunan sirkuit merupakan kabar baik bagi komunitas offroad. Selain itu guna mengelola sirkuit tersebut maka Heri mengusulkan adanya badan yang dibentuk secara bersama-sama dari IMI maupun IOF Pengprov Jabar. Hal ini mendapatkan tanggapan positif dari Fredi dan juga peserta yang hadir dalam acara presentasi.

Pada lahan seluas 40,5 Ha yang berlokasi di Cireundeu, Cimahi tersebut direncanakan akan dibangun berbagai  fasilitas seperti, lahan speed rally, lahan adventure offroad,  camping ground, termasuk fasilitas pendukungnya seperti lahan parkir, workshop, juga akomodasi. Selain itu juga direncanakan menampung Usaha Kecil dan Menengah (UKM) seperti kuliner dan aneka ragam cinderamata khas daerah. Pemanfaatan lainnya dapat digunakan untuk kegiatan outbond, anak –anak sekolah serta wisata keluarga.

Pada kesempatan ini juga diberikan bantuan kepada  IMI Pengprov Jabar dan IOF Pengprov Jabar guna membantu pelaksanaan persiapan pembangunan sirkuit. Diharapkan pada Bulan Desember 2019 pembangunan sirkuit dapat selesai dan lahan dapat digunakan sesuai fungsinya. (Penerangan Kodiklatad)