Header Ads


Breaking News

Pelantikan & Pengukuhan Pengurus Karang Taruna Unit RW.011 Kel/Ke..Kalideres Jakbar


Portalindo.co.id, Jakarta --Pada malam pergantian Tahun, Senin 31 Desember 2018 bertempat di Fasilitas Umum milik Pemda DKI. Jakarta, Lapangan Basket RT.001/RW.011 Kalideres, Panitia penyelenggara melaksanakan Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus Karang Taruna Unit RW.011 Kelurahan Kalideres, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat.

Berdasarkan pantauan dan hasil liputan tim jurnalis, hujan yang mengguyur sejak siang hari, ternyata tidak mematahkan semangat dan antusias warga, tamu, undangan dan para tokoh masyarakat yang terus berdatangan menghadiri acara yang telah dipersiapkan dengan baik oleh para pemuda-pemudi RW.011 Kalideres tersebut.

Hadirin malam itu disuguhi berbagai acara kesenian yang mengangkat budaya tradisional seperti, Pencak Silat Betawi “Beksi”, Seni pantun Betawi, Gambang Kromong, dan tidak ketinggalan Marawis atau "band tepuk" dengan perkusi sebagai alat musik utamanya yang mana musik ini merupakan kolaborasi antara kesenian Timur Tengah dan Betawi, dan memiliki unsur keagamaan yang kental. Itu tercermin dari berbagai lirik lagu yang dibawakan yang merupakan pujian dan kecintaan kepada Sang Pencipta.

Hari semakin larut dan acara puncak yang di tunggu pun tiba. Momentum dimana prosesi Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus Karang Taruna Unit RW.011 Kelurahan Kalideres, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat dimulai. 
Bergegas Ketua RW.011, Cecep Cepi, selaku Pembina Karang Taruna RW.011 naik ke atas panggung untuk melantik dan mengukuhkan Pengurus Karang Taruna Unit RW.011 yang mengemban tugas dan tanggung jawab untuk 3 Tahun ke depan.

Prosesi pelantikan ini dihadiri dan disaksikan langsung oleh Lurah Kalideres dan jajarannya yang diwakili oleh Sekretaris Lurah, Teguh Muldiyanto, Perwakilan dari unsur Muspika, Pengurus RW.011 Kalideres, Ketua Karang Taruna Kelurahan Kalideres, Asep Hamdi, dan Seluruh Ketua RT di wilayah RW.011 yang berjumlah 11 RT dan beberapa Tokoh Masyarakat seperti H. Ruslan.

Pada sambutannya, Fauzan Tani Firdaus, selaku Ketua Karang Taruna unit RW.011 menyampaikan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan oleh warga masyarakat RW.011 dan memohon dukungan dan doa agar dengan kepemimpinannya Karang Taruna unit RW.011 semakin maju, berdampak dan amanah.

Sekaligus pada kesempatan tersebut, Fauzan Tani Firdaus memaparkan beberapa program kerja dan kegiatan yang sudah berjalan seperti, Bank Sampah, Pelatihan Seni Budaya dan Biro Jasa. Dan sebagai program unggulan dan menjadi konsentrasinya sebagai Ketua Karang Taruna unit RW.011 adalah Bank Sampah. Sebab bagi Bang Fauzan, panggilan akrabnya, bahwa dengan kehadiran program Bank Sampah ini, diharapkan dapat mengurangi beban sampah di Provinsi DKI. Jakarta yang berdasarkan catatan tahun 2018 sampai pada angka 7.250 Ton per hari. Oleh karenanya Bang Fauzan mendorong agar warga masyarakat dilingkungan RW.011 mendukung program ini demi menjaga kelestarian lingkungan.

Ada hal yang berbeda pada malam Pelantikan dan Pengukuhan Karang Taruna Unit RW.011 Kelurahan Kalideres, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat sebab pada prosesi pelantikan tersebut, juga dilantik dan dikukuhkan 11 RT di wilayah RW.011 Kalideres, Jakarta Barat.
Dihubungi terpisah, Yunus Rotestu Sakuain, yang dilantik pada malam itu sebagai Wakil Ketua Karang Taruna unit RW.011 mengkonfirmasi dan membenarkan hal tersebut, _“Benar, agenda malam hari ini adalah Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus Karang Taruna Unit RW.011 sekaligus Pelantikan dan Pengukuhan Ketua RT.001 sampai dengan Ketua RT.011 dengan pengurus masing-masing RT di wilayah RW.011 Kelurahan Kalideres, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat. Dan juga malam ini, kami mengadakan malam amal berupa penggalangan dana dan bantuan berupa sembako, pakaian layak pakai dan obat-obat kesehatan untuk disalurkan kepada saudara-saudara kita di Banten-Lampung yang menjadi korban tsunami beberapa hari yang lalu”_, pungkasnya sambil tersenyum.

Seluruh rangkaian acara malam hari itu, ditutup dengan makan malam bersama sembari menunggu waktu pergantian Tahun. Di sela-sela santap malam bersama, tim jurnalis berkesempatan bertemu dengan seorang pria yang terlihat sangat sibuk ketika acara demi demi acara berlangsung dari awal tadi. Dan pria tersebut adalah adalah Daelumi, Sekretaris Karang Taruna unit RW.011 Kalideres yang ikut dilantik. Ketika ditanya, apa resolusi hidupnya untuk Tahun 2019, _“Resolusi saya untuk Tahun 2019 ga muluk-muluk, saya hanya rindu menjadi pribadi yang bermanfaat bagi keluarga, agama, lingkungan dan masyarakat khususnya lewat Karang Taruna ini. Dan pada kesempatan ini saya juga mengucapkan terimakasih kepada tim jurnalis yang telah meliput dan secara khusus kepada seluruh pengurus Karang Taruna dan pengurus RT yang dilantik, saya ucapkan selamat berkarya nyata di masyarakat”_, tutupnya seraya menghabiskan jagung yang di campur keju-susu hasil karya komunitas pencinta alam yang ikut melestarikan taman di lingkungan RW.011 atau yang dikenal dengan “Pangbon” atau pangkalan kebon.(Yustaf Siki)

Tidak ada komentar