Header Ads


Breaking News

Upacara Peringatan Hari Bela Negara Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Makassar

Portalindo.co.id, Makassar --Penetapan peristiwa bersejarah untuk mengingatkan kembali Kesadaran seseorang akan rasa Nasionalisme dan cinta tanah air, untuk menghormati dan memberikan apresiasi atas 70 tahun pengorbanan MR Syarifuddin Prawinegara, Menteri Kemakmuran RI, akan pendeklarisian Pemerintahan Darurat Republik Indonesia.
Untuk mengingat pengorbanan MR Syarifuddin Prawinegara maka setiap tanggal 19 Desember diperingati Hari Bela Negara yang sejak dulu telah memiliki konteks yang sangat mendasar dalam diri seseorang. Sebagai salah satu instansi Penegak Hukum maka Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Makassar menggelar Upacara Hari Bela Negara bersama seluruh Pegawai Lapas Makassar. Rabu (19/12/18).
Meskipun pelakasanaan Upacara dilakukan didalam ruangan namun tidak melunturkan rasa kecintaan peserta upacara akan pentingnya menyadari perjuangan yang telah gugur mendahului. Upacara Hari Bela Negara turut diucapkan Ikrar Bela Negara sebagai sumpah seorang Aparatur Sipil Negara untuk tetap berjuang melaksanakan tugasnya hingga di Plosok Tanah Air.

Sebagai Inspektur Upacara, Kepala Lapas Kelas I Makassar, Budi Sarwono, turut menyampaikan Amanat seragam dari Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, yang menegaskan bahwa Bela Negara adalah kerja sama segala elemen Bangsa dan Negara. Bukan hanya Pemerintah Namun sebagai Wadah dan peran kontribusi segenap komponen masyarakat.

"Untuk mewadahi hal tersebut Bela Negara adalah kerjasama segala elemen Bangsa dan Negara bukan hanya pemerintah, Bela Negara terutama adalah wadah peran dan kontribusi segenap komponen masyarakat.  Dunia usaha, Pendidikan serta media wajib ikut serta menjaga kedaulatan Negara dengan bidang Profesi Masing-masing" tegas Kalapas dalam amanat yang disampaikan.

Untuk itu Budi Sarwono mengajak semua pegawai Lapas Makassar agar senantiasa bersyukur atas anugerah kemerdekaan dan persatuan dalam aksi Nasional Bela Negara di berbagai aspek bidang Negara Kesatuan Republik Indonesia

Melalui sinergitas atar segenap elemen bangsa dan Negara Indonesia. Diharapkan ASN khusunya di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM mampu membawa indonesia menjadi Negara yang berdaulat, mandiri, dan adil, serta dapat mempertebal rasa kecibtaanya terhadap tanah air dan berbuat yang terbaik bagi bangsa dan Negara.
(Rizal Marzuki)

Tidak ada komentar