Header Ads


Breaking News

UMSK 2019, Nakertrans Morowali Segera Survey KHL



PORTALINDO.CO.ID, MOROWALI - Menyongsong penetapan Upah Minimum Sektoral Kabupaten (UMSK) Morowali tahun 2019 mendatang, Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Morowali segera melakukan survey Kebutuhan Hidup Layak (KHL).



Hal itu disampaikan oleh Nurcholis selaku Kepala Seksi Hubungan Industrial Bidang Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Morowali di Ruang Kerjanya, Kamis, 22 November 2018.



“Besok kami akan menyurati pihak-pihak terkait, seperti Dewan Pengupahan yang terdiri dari perwakilan serikat pekerja, pengusaha, pemerintah, dan pihak netral dari akademisi untuk menghadiri undangan rapat perdana untuk pembagian tugas dan metode survey KHL yang akan dilaksanakan pada, Senin, 26 November 2018,” kata Nurcholis.



Bahkan, tambahnya, kami akan melibatkan atau mengikut sertakan awak media dalam kegiatan ini, sebagai wujud transparansi public sekaligus mensosialisasikan program tersebut kepada masyarakat luas.



Saat disinggung soal keterlambatan survey KHL, Nurcholis mengatakan, meski sebelumnya, pihaknya sempat mengalami kendala soal anggaran yang belum cair, sehingga tahapan kegiatan survey baru akan dilakukan akhir bulan ini. Namun, Ia tetap optimis hasil survey akan diperoleh sesuai batas waktu yang ditentukan.



“Sejak tiga bulan lalu, kita sudah ajukan untuk pencairan anggaran. Tetapi Alhamdulillah, tadi kami sudah mendapatkan informasi bahwa sudah ada pencairan,” terangnya.



Lebih jauh dikatakannya, kegiatan ini dilakukan guna mengetahui standar kebutuhan seorang pekerja atau buruh lajang untuk dapat hidup layak secara fisik dalam 1 bulan. “KHL juga menjadi dasar dalam penetapan Upah Minimum Sektoral Kabupaten, tetapi bukan dasar penetepan UMK. Sebab dasar penetepan UMK, berdasarkan inflasi dan PDRB,” tutupnya. (Wardi)

Tidak ada komentar