Header Ads


Breaking News

Soal Calon Sekda Aceh, Ini Nama-Nama Yang Layak Jadi Calon Sekda Aceh




PORTALINDO.CO.ID, BANDA ACEH - Sebelas nama mulai mencuat ke permukaan sebagai calon Sekreratis Daerah (Sekda) Aceh menjelang dimulainya rekrutmen calon Sekda menggantikan Drs Dermawan MM yang memasuki masa pensiun pada 30 Januari 2019.

Irwan Djohan

Nama-nama pegawai negeri sipil (PNS) senior di lingkungan Pemerintah Aceh itu mulai disebut-sebut karena sudah mencukupi syarat untuk jabatan sekda (eselon I A). Antara lain karena mereka sedikitnya sudah dua kali menduduki jabatan eselon II di jajaran Pemerintah Aceh.

Mereka adalah Dr M Jafar SH MHum (Asisten I Setda Aceh), dr Taqwallah MKes (Asisten II Setda Aceh) Kamaruddin Andalah MSi (Asisten III Setda Aceh), Azhari Hasan MSi (Kepala Bappeda Aceh), Drs Bukhari MM (Kepala Dinas Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Aceh).

Nama lainnya adalah Ir Zulkifli A Gani MM (Kepala Inspektorat Aceh), Ir Helvizar Ibrahim MSi (Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk), Marwan Nusuf MA (Kepala Dinas Komunikasi, Informasi, dan Persandian Aceh).

Di luar delapan nama tersebut, mencuat juga nama Drs Reza Fahlevi MSi, mantan kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh yang kini masih menjabat eselon II A di Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata RI.

Ada lagi nama yang muncul, yakni mantan Kadis Kelautan dan Perikanan Aceh, Ir Razali MSi, yang masih menjabat eselon IIA di Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi serta Drs Syaiba Ibrahim (Kepala Sekretariat/Katibul Wali Nanggroe).

Asisten I Setda Aceh, Dr M Jafar yang dikonfirmasi Serambi Selasa (13/11) siang membenarkan bahwa Plt Gubernur Aceh sudah membentuk panitia seleksi untuk perekrutan calon Sekda Aceh yang baru.
“Sebagai ketuanya ditunjuk Prof Dr Ir Abdi Abdul Wahab Msc, mantan rektor Unsyiah. Sedangkan anggotanya antara lima sampai tujuh orang. Tapi siapa saja namanya, saya tak ingat lagi,” ujar M Jafar yang namanya juga disebut-sebut layak memangku jabatan Sekda Aceh.

Sementara itu, Wakil Ketua II DPRA, Teuku Irwan Djohan mengatakan, proses rekrutmen calon Sekda Aceh harus segera dilakukan, karena masa tugas Sekda Aceh Dermawan MM efektifnya tinggal dua bulan lagi.

Irwan punya alasan tersendiri meminta Plt Gubernur Aceh segera mempercepat rekrutmen Sekda Aceh yang baru sebelum masa tugas sekda saat ini berakhir pada 30 Januari 2019. “Cepat direkrut dengan harapan jangan lagi di-plt-kan,” kata Irwan.
Menurutnya, kalau gubernur Aceh saat ini berstatus pelaksana tugas (plt), Sekdanya jangan lagilah. “Apalagi di DPRA pun saat ini dua-duanya juga sedang dijabat plt, yaitu ketua dan sekwan,” tambah Irwan Djohan. (Kbr/Kwl)

Tidak ada komentar