Header Ads


Breaking News

Pemerintah Daerah Biayai 28.864 Kartu Indonesia Sehat Untuk Masyarakat Kurang Mampu



OKI (portalindo.co.id)-- Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) OKI HM Lubis MKes dalam sambutanya pada acara peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke-54 yang digelar dilapangan kantor Dinas Kesehatan Kayuagung, Kabupaten OKI mengatakan, pihaknya terus berupaya agar semua masyarakat dapat menjadi peserta BPJS kesehatan. Dengan cara ini nantinya kemudahan dalam mendapatkan layanan kesehatan akan lebih baik lagi.

Terkait dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang digelar, Senin (26/11), pihaknya menggelar berbagai kegiatan. Mulai dari baksos hingga lomba cuci tangan dengan sabun, kreasi MPASI menu empat bintang, dan lainnya yang masih berlangsung.

“Sebenarnya kegiatan ini digelar pada 12 November lalu, tapi karena banyaknya kegiatan diundur menjadi hari ini dengan tema ‘Aku Cinta Sehat' Ayo Hidup Sehat' Mulai Dari Kita’. Karena dengan menjaga kesehatan merupakan investasi yang sangat penting yang tidak bisa dinilai dengan uang,” kata dia.

Dikesempatan itu juga dirinya mengelar pembagian Kartu Indonesia Sehat (KIS) dari sebanyak 28.864 Kartu yang dibiayai oleh pemerintah daerah (pemda) untuk warga kurang mampu di OKI. Hal ini dilakukan agar seluruh warga OKI terintegrasi dengan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Sementara itu, Kepala Cabang BPJS Kesehatan Palembang Andi Ashar menambahkan, pihaknya mengapresiasi upaya pemerintah dalam mendorong masyarakat untuk terintegrasi menjadi peserta JKN.

“Saat ini di OKI baru 58 persen yang menjadi peserta,” imbuhnya.

Berbagai upaya terus dilakukan untuk mensosialisasikan program ini, sehingga semua masyarakat OKI menjadi peserta BPJS, baik yang dibiayai pemerintah maupun mandiri.

Dengan menjadi peserta BPJS kesehatan, pelayanan kesehatan yang didapatkan semakin cepat dan mudah. Seperti layanan rujukan online yang sudah diujicobakan saat ini terus diperbaiki, agar dapat mendukung program tersebut,” pungkas dia.

Adapun salah satu rangkaian kegiatan lainnya dengan menggelar donor darah yang dibuka untuk umum dengan target 60 kantong darah yang nantinya akan dikirim dan simpan di UTD RSUD Kayuagung yang nantinya dapat dipergunakan jika ada yang membutuhkan.

Terlihat saat itu baru ada puluhan pendonor darah yang telah mendaftarkan diri untuk menyumbangkan darah mereka, salah satunya adalah Sekretaris DPD Partai Golkar OKI, RM Edikari yang saat dibincangi, Ia mengaku telah ke 9 kalinya mengikuti kegiatan donor seperti ini dan kegiatan seperti ini adalah kegiatan yang positiv, "katanya.

 "Artinya secara tidak langsung kita telah membantu sesama yang sangat membutuhkan bantuan dari darah yang kita sumbangkan, "singkatnya seraya mengatakan "setetes darah berbagi sesama".
(g-wijaya)

Tidak ada komentar