Kemenhub Buka Lelang Khusus Oprator Yang Akan Oprasikan Kereta Api Trans Sulawesi 2019
Cari Berita

Kemenhub Buka Lelang Khusus Oprator Yang Akan Oprasikan Kereta Api Trans Sulawesi 2019

Kamis, 19 Juli 2018

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Dirjen Perkeretaapian Kemenhub, Zulmafendi.(Portalindo.co.id)



Portalindo.co.id, Makassar - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan rel kereta api Trans Sulawesi sepanjang 44 kilometer sudah bisa beroperasi awal tahun 2019. Namun, Kemenhub masih mencari gerbong kereta yang cocok dipakai. Kemenhub membuka lelang khusus operator yang akan mengoperasikan kereta api Trans Sulawesi sepanjang 44 kilometer tersebut.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Dirjen Perkeretaapian Kemenhub, Zulmafendi mengatakan, saat ini telah selesai 14 kilometer dengan progres 84,7 persen dari target 44 kilometer. Untuk operator yang akan melayani angkutan perintis penumpang akan dilelang. Ini merupakan pertama kalinya, operator KA ditangani oleh swasta.

"Operator yang ingin mendaftar harus memenuhi persyaratan dengan memiliki gerbong satu lokomotif dan SDM," katanya.
Ia melanjutkan, sebagai angkutan perintis, pihaknya akan mengoperasikan dua kereta. Masing-masing kereta akan memiliki satu lokomotif dan tiga gerbong dengan kapasitas penumpang 300 orang.

Khusus pembangunan stasiun kereta api, pihaknya sementara mengusulkan penetapan lokasi ke pemerintah daerah. Dirjen Perkeretaapian berharap Pemda bisa membuat akses jalan ke stasiun. "Setelah ini pembangunan tetap akan dilanjutkan sampai 2020, untuk angkutan barang baru akan beroperasi awal tahun 2021," jelas Zulmafendi.(Kwl/Kbr)