Peduli Terhadap Komunitas Sekitar, Citi Indonesia Selenggarakan Community Day 2018
Cari Berita

Peduli Terhadap Komunitas Sekitar, Citi Indonesia Selenggarakan Community Day 2018

Sunday, May 6, 2018



Portalindo.co.id TANGERANG SELATAN - Dengan mengusung tema 'Our Care for You' diwujudkan dengan kegiatan sosial yang menyasar lima kelompok masyarakat, yaitu anak-anak, remaja, penyandang cacat, wanita, masyarakat usia lanjut, Citi Indonesia laksanakan Global Community Day (GCD)  2018 di Indonesia, puncak acara dilaksanakan Minggu, 6 Mei 2018, di The Breeze Bumi Serpong Tangerang Selatan.

Acara yang melibatkan 150 Volunters dan lima NGO mitra pelaksana yaitu Yayasan Tri Asih, Yayasan Pembinaan Anak  Cacat, Yayasan Cinta Anak Bangsa, Prestasi Junior Indonesia dan Panti Tresna Werdha Budi Mulia dari 24-30 April 2018. Diikuti  sekitar 3.000 karyawan dan kelurga Citi Indonesia. Diwarnai 500 T-shirt dengan kata-kata motivasi sebagai bentuk kepedulian terhadap anak-anak, remaja, penyandang cacat, wanita dan 
masyarakat usia lanjut. Seluruh T-shirt kemudian diserahkan secara simbolis kepada lima mitra LSM pelaksana. 

Puluhan ribu Citi Volunteers, teman-teman dan keluarga mereka bergabung bersama setiap tahun di seluruh Indonesia untuk Global Community Day,  sebuah kesempatan untuk menggunakan waktu, keterampilan, dan keahlian mereka untuk melakukan perubahan di kota-kota dimana mereka tinggal. 
Pada tahun 2017, lebih dari 100.000 relawan bekerja bersama mitra masyarakat dalam proyek-proyek layanan sosial di sekitar 500 kota di 91 negara selalam hari-hari menjelang dan termasuk Global Community Day. Kegiatan tahunan ini berfokus pada berbagai kebutuhan lokal mulai dari revitalisasi perkotaan,, pelestarian lingkungan hingga literasi dan pendidikan. 

Chief Executive Officer Citi Indonesia Batara Sianturi mengatakan, “Tahun ini Citi Indonesia merayakan 50 tahun dedikasi untuk lndonesia. Sebagai bank berskala global, Global Community Day merupakan inisiatif global dari Citi dalam menunjukkan komitmen, guna memberikan kontribusi positif yang berkelanjutan kepada komunitas dimana kami beroperasi. Tahun ini adalah tahun ke-13 diadakannya Global Community Day dan hingga saat ini lebih dari 2 juta jam layanan sosial telah disumbangkan oleh Citi Volunteers diseluruh dunia." 

Sementara itu, Menteri Sosial Republik Indonesia Dr. Drs. M. Idrus Marham, MSc dalam sambutannya mengatakan, “Kami sangat menghargai peran serta swasta dalam membantu pemerintah mengatasi masalah-masalah sosial khususnya di daerah perkotaan. Citi lndonesia sebagai salah satu bank global yang telah lama beroperasi di lndonesia, telah secara konsisten menunjukan komitmennya untuk membantu anggota masyarakat yang memerlukan batuan, salah satunya melalui pelaksanaan Global Community Day ini.” 

Selanjutnya berdasarkan data Departemen Sosial Republik lndonesia, tahun 2017 masih terdapat 26,58 juta penduduk miskin atau sekitar 10,12 persen dari seluruh penduduk indonesia, dan dari semua wilayah di lndonesia jumlah penduduk miskin di desa jauh lebih besar dibandingkan di kota. Data per September 2017 menunjukan bahwa persentase penduduk miskin di desa sebesar 13,47 persen. Jumlah ini lebih tinggi dibandingkan penduduk miskin di kota yang hanya 7,26 persen dari total populasi. 

Dalam “Road to GCD 2018" Citi Indonesia bersama dengan lima LSM pelaksana telah melakukan berbagai kegiatan, yaitu: - Membantu para lansia dari panti jompo untuk menikmati hari libur mereka 
-  Menghibur anak-anak sakit menahun di RSCM (Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo) 
- Membantu para siswa disabilitas untuk menikmati hari libur mereka 
- Membantu dan melatih para siswa kurang mampu dalam bidang olahraga (sepak bola dan bola basket) 
- Membantu mengajarkan dasar-dasar hidroponik untuk anak-anak di Rumah Belajar Yayasan Cinta Anak Bangsa 
- Membantu pengecatan ruang kelas di Rumah Belajar Yayasan Cinta Anak Bangsa 
- Membantu belajar mengenai Keuangan Dasar untuk para remaja dan wanita di Rumah Belajar Yayasan Cinta Anak Bangsa 
- Membantu belajar mengenai Keuangan Digital untuk anak-anak di Rumah Belajar Yayasan Cinta Anak Bangsa . Membantu pengecatan dan membersihkan Taman Bendi Selatan 

Director, Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia,  Elvera N. Makki mengatakan, ”Kami memilih lima kelompok masyarakat yaitu anak-anak, remaja, penyandang cacat, wanita dan masyarakat usia lanjut, karena mereka adalah kelompok paling rentan terhadap masalah sosial. Melalui kegiatan GCD, kami ingin menginspirasi para karyawan Citi indonesia untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan aktif melakukan perubahan lingkungan keluarga dan masyarakat.” 

Walikota Tangerang Selatan Hj. Airin Rachmi Diany, SH, MH, yang diwakili staf ahli  Walikota Tangsel, Drs Suharno M Kes, dalam sambutannya mengatakan, "Saya percaya bahwa kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat dapat ditingkatkan dengan memberdayakan dan memberikan akses kepada pendidikan dan pengetahuan. Kami di Kota Tangsel mempunyai visi untuk menjadikan Kota Tangsel sebagai kota yang cerdas, berdaya saing, berkualitas, berbasis teknologi dan inovasi. Global Community Day yang tahun ini menyasar lima kelompok, merupakan upaya nyata Citi Indobesia untuk menciptakan kesempatan mersih kualitas hidup yang lebih baik bagi mereka.

Chief Executive Officer Citi Indonesia Batara Sianturi di akhir acara mengatakan "Kami ucapkan terima kasih atas kolaborasi dan dukungan berbagai pihak atas terselenggaranya aktivitas sosial ini, terutama bagi karyawan sebagai Citi Volunteers yang peduli dan melakukan aksi nyata bagi terwujudnya kesejahteraan masyarakat Indonesia yang lebih baik lagi," pungkas Batara.

Ida