Membangkitkan Budaya Membaca & Pembinaan Perpustakaan Melalui Sosialisasi
Cari Berita

Membangkitkan Budaya Membaca & Pembinaan Perpustakaan Melalui Sosialisasi

Selasa, 08 Mei 2018


Dinas Perpustakaan Daerah Kabupaten Morowali Utara (Morut) melakukan sosialisasi sebagai upaya membangkitkan budaya membaca masyarakat dan pembinaan perpustakaan tahun 2018 di Gedung Puncak Bougenvile Kolonodale, Kecamatan Petasia, Morut, Senin, 7 Mei 2018.

Kegiatan yang dihadiri sekaligus dibuka oleh Bupati Morut Aptripel Tumimomor yang diwakili Asisten Pemerintahan H. Djira K, S.Pd, M.Pd diikuti sebanyak 124 peserta yang terdiri dari Pemerintah Kecamatan serta para guru se-Morut.

Sejumlah pemateri dihadirkan dalam sosialisasi tersebut, diantaranya Kadis Perpustakaan Morut Jhon Arumpone,SE, Kabid Pengembangan Dan Kebudayaan Kegemaran Membaca Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi  Sulawesi  Tengah Dr. Rohani Mastura,M.Si.

Ketua Panitia sosialisasi Farida Ariyani,SE,M.Si dalam laporannya mengatakan tujuan disosialisasi untuk membangkitkan semangat dan kemauan masyarakat untuk membaca serta mewujudkan membaca bagi peserta didik.

"Melalui sosialisasi ini, kita kembangkan budaya membaca dan terus melakukan pembinaan perpustakaan di Morut," kata Farida Ariyani, SE, M.Si Ketua Panitia yang saat ini menjabat Kabid Pengelolaan dan Pemgembangan Perpustakaan di Dinas Perpustakaan Daerah Morut.

Sementara Asisten Perintahan H.Djira K S.Pd M.Pd dalam sambutannya mengajak kepada seluruh elemen masyarakat mengambil peran dalam mewujudkan masyarakat Morut yang cerdas, kreatif, inovatif dan kompetitif melalui pendayagunaan perpustakaan yang ada serta mendorong upaya gemar membaca.

"Salah satunya dengan menghadiri acara sosialisasi ini. Sebab kegiatan ini memiliki banyak manfaat," ucap Mantan Seketaris Dewan (Sekwan) DPRD Morut itu.

Ia menambahkan, membaca adalah proses untuk mengembangkan diri agar memperoleh informasi yang benar dan akurat. Dan perpustakaan merupakan akses untuk mendapatkan informasi serta dapat memberikan nilai tambah menuju pembangunan yang berkelanjutan.

"Olehnya, masyarakat diharapkan mau dan mampu membiasakan diri untuk terus gemar membaca agar dapat mengetahui atau mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Selain itu, tentunya harus dibarengi dengan peningkatan management perpustakaan," ujarnya.

Dalam kesempatan itu pula, H.Djira K mengingatkan agar para peserta mengikuti dengan baik serta proaktif dalam sosialisasi tersebut. "Ambil manfaatnya dan aplikasikan dilapangan," tandasnya. (Wardi)