LBH Dan ASPEK-5 Gelar Aksi Unjuk Rasa Di Balai Kota Makassar
Cari Berita

LBH Dan ASPEK-5 Gelar Aksi Unjuk Rasa Di Balai Kota Makassar

Tuesday, May 8, 2018



PORTALINDO.CO.ID, MAKASSAR - Aliansi Pedagang Kaki Lima Pasar Sentral, yakni Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Makassar dan Asosiasi Pedagang Kaki Lima (ASPEK-5) menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor Balai Kota Makassar, Jalan Ahmad Yani, Selasa (8/5/2018).

Aksi ini dilakukan menyusul adanya rencana penertiban terhadap pedang kaki lima Pasar Sentral Makassar oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar kembali mencuat.

Ketua ASPEK-5 Pasar Sentral Makassar, M Basir menilai, rencana penertiban itu terkesan sangat kontraproduktif dengan kebijakan yang telah dibuat pemerintah terkait relokasi pedagang kaki lima.

Pasalnya, Pemkot Makassar melalui Perusahaan Daerah (PD) Pasar Makassar Raya meminta kepada pedagang kaki lima untuk segera pindah dari Pasar Sentral ke lantai 7 bangunan New Makassar Mall.

"Kami jelas menolak jika harus dipindahkan ke lantai 7. Karena dari awal, dalam perjanjian dengan Direktur PD Pasar, kita dijanjikan akan dibangunkan tempat di lokasi eks ruko Blok B. Bukannya di New Makassar Mall," ungkap Basir pada media

Sebagian besar pedagang kaki lima juga telah melakukan pembayaran terhadap bangunan kios di eks ruko Blok B itu. Sesuai dengan surat penyampaian PD Pasar Makassar Raya Unit Makassar Mall tertanggal 6 April 2018.

Basir menganggap, rencana pemerintah untuk melakukan penertiban terhadap pedagang kaki lima, merupakan sebuah tindakan inkosistensi dan melanggar asas-asas pelayanan publik.

"Pemerintah juga tidak bisa memaksa pedagang kaki lima untuk masuk ke dalam bangunan New Makssar Mall. Karena pedagang kaki lima bukanlah mitra dari PT Melati Tunggal Inti Raya," ujarnya.

Dalam aksi tersebut, peserta unjuk rasa mendesak Pemkot Makassar untuk konsisten terhadap kesepakatan yang dibuat pada 27 Februari 2017 lalu.

Pedagang kaki lima juga meminta pemerintah untuk tetap melanjutkan pembangunan kios di lokasi eks ruko Blok B, serta menolak ditempatkan di gedung New Makassar Mall.
(Umar)