BUPATI BOGOR MENDAPATKAN PENGHARGAAN BUMD
Cari Berita

BUPATI BOGOR MENDAPATKAN PENGHARGAAN BUMD

Saturday, May 5, 2018



 Bupati Bogor, Hj. Nurhayanti mendapatkan kado manis diawal bulan Mei ini, karena mendapatkan penghargaan Top Pembina Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) tahun 2018 atas keberhasilan BUMD Perusahaan Air Minum (PDAM) Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor dan PD. Pasar Tohaga Kabupaten Bogor meraih penghargaan TOP BUMD tahun 2018 yang diselenggarakan majalah BusinessNews Indonesia berkerjasama dengan Asia Business Research.

Penghargaan Top pembina BUMD diberikan kepada kepala daerah yang BUMD nya mendapatkan Top BUMD juga keberhasilan kinerja BUMD tidak terlepas dari dukungan, komitmen dan pembinaan kepala daerahnya.Penyerahan penghargaan Top Pembina BUMD kepada Bupati Bogor diserahkan oleh Deputi Komisioner Pengawasan Perbankan IV OJK Roberto Akyuwen, bertempat di Rafflesia Grand Ballroom Balai Kartini Jakarta.

Ditemui selesai acara Bupati Bogor, Hj. Nurhayanti mengatakan bahwa ini sesuai dengan tujuan kita bahwa kinerja BUMD di Kabupaten Bogor baik karena sesuai dengan pembentukannya.

"Saya minta kepada PDAM Tirta Kahuripan dan PD. Pasar Tohaga untuk terus meningkatkan pelayanan dan meningkatkan kinerja agar berdampak pada laba usaha yang di dapat," katanya.

Bupati Bogor, Hj. Nurhayanti juga mengatakan  terus mendorong jajarannya untuk berinovasi dan memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat Menurut dia, prestasi ini bukan akhir sebuah capaian, tetapi pemacu semangat untuk lebih inovatif.

"Kami tidak menganggap apresiasi ini sebuah titik akhir, tetapi ini sebuah perjalanan inovasi dan ikhtiar kami bersama direksi serta pegawai PDAM dan PD. Pasar Tohaga untuk masyarakat Kabupaten Bogor," katanya.

Diakui, hasil ini bukan capaian Bupati seorang diri. Namun ini adalah hasil kerja keras Direksi dan seluruh jajaran PDAM dan PD. Pasar Tohaga sebagai BUMD di Kabupaten Bogor.

Sementara itu, Dirut PD. Pasar Tohaga Kabupaten Bogor, Romli Eko Wahyudi mengatakan ada beberapa yang ditonjolkan sehingga mendapatkan penghargaan TOP BUMD yakni inovasi meramaikan pasar yang meliputi launching pasar ikan hias tematik di pasar parung, bulan berhadiah pasar cicangkal, undian umroh pedagang dan pembeli pasar rakyat.

Selanjutnya, Inovasi pelayanan yang di dalam nya ada program Cash Management Sistem (CMS), sistem perparkiran berbasis elektronik, mempersiapkan pasar ramah wanita,  ramah lansia dan pasar ramah difable.

"Untuk pencapaian kinerja bagaimana capaian peningkatan pendapatan di tahun 2017,peningkatan kualitas pelayanan yang memuaskan,  keberanian untuk mengambil usaha atau membuka usaha lain,"ungkapnya.

Adapun Direktur Utama PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor, Drs. Hasanudin Tahir, M.M, mengungkapkan dalam upaya meningkatkan performance perusahaan, dengan mengacu pada PP 54/2016 tentang BUMD mencanangkan penerapan Good Corporate Goverance (GCG)  karena dinilai menjadi bagian penting untuk keberhasilan perusahaan dalam meningkatkan pelayanan dan kualitas manajemen yang baik.

"Penerapan prinsip-prinsip GCG akan meningkatkan citra dan kinerja perushaan. Pelaksanaan program kerja juga dapat lebih efektif dan efisien, karena sistem dan prosedur kerja telah disusun berdasarkan kaidah GCG," ungkapnya.

Selain itu, dalam upaya mengakselerasi jalannya roda perusahaan, menurutnya dengan tim juga membuat perencanaan dan merumuskan beberapa program. Antara lain, meningkatkan layanan air bersih sesuai dengan persyaratan serta memperhatikan keterjangkuan masyarakat. Meningkatkan cakupan pelayanan air minum di wilayah Kabupaten Bogor yang saat ini di bawah 30%. (Irma/Putri)