Rabu, FPMLT Akan Demo PT. Bumanik
Cari Berita

Rabu, FPMLT Akan Demo PT. Bumanik

Monday, April 16, 2018





Portalindo.co.id, Sulteng
Masyarakat lingkar tambang PT.  Bukit Makmur Nikeltama (Bumanik) yang tergabung dalam Front Perjuangan Masyarakat Lingkar Tambang (FPMLT)  akan melakukan aksi demonstrasi guna menyampaikan aspirasinya, pada Rabu, 18 April 2018.

"Rencananya, tiga hari lagi, yakni Rabu, 18 April 2018, kami akan demo PT. Bumanik,” kata Baharuddin Hamid,S.Pdi yang ditunjuk sebagai Jendral Lapangan (Jenlap) aksi, Minggu, 15 April 2018.

Kepada wartawan media ini, Ia menyatakan sejumlah pemicu aksi warga setempat. Mulai dari soal minimnya transparansi pembebasan lahan, adanya dugaan pencemaran lingkungan hingga kriminalisasi terhadap warga yang melakukan protes pun mencuat.

"Belum lagi, soal perekrutan tenaga kerja yang tidak memihak kepada masyarakat dengan mempertimbangkan perkerutan tenaga kerja lokal. Selain itu, aktifitas perusahaan yang cenderung tidak ramah lingkungan. Itu semua yang bikin kita geram terhadap perusahaan ini," kata sambung Marten Korlap Molores.

Sehingga, setelah melakukan konsolidasi dengan sejumlah masyarakat di desa-desa lingkar tambang PT. Bumanik, disepakati untuk melakukan aksi dengan estimasi masa sekitar 200 orang dengan menggunakan 4 unit roda empat, 50 unit roda dua serta membawa perlengkapan aksi seperti pengeras suara (mega phone atau sound system), spanduk, bendera, pamphlet, pataka dan lainnya.

“Kami akan mendatangi titik aksi, Kantor PT. Bumanik, Kantor Camat Petasia Timur, Bundaran Kolonodale, Kantor Bupati dan berakhir di Kantor DPRD Morowali Utara. Di masing-masing titik ini, kami akan melakukan orasi penyampaian aspirasi,” ungkap Arsyad Korlap Molino.(Wardi)